Minggu, 09 Desember 2012

Pressure Safety Valve

Pressure Safety Valve

Pressure Safety valve adalah valve yang digunakan untuk melindungi peralatan dari tekanan yang berlebih dengan cara membuang tekanan berlebih sesuai dengan tekanan yang telah di set pada PSV. Peralatan yang sering menggunakan PSV ini adalah Pressure Vessel. Pressure Safety valve ini sagatlah penting, jika suatu peralatan pressure vessel tidak terdapat PSV maka peralatan tersebut tidak layak dioperasikan. Pressure Safety valve banyak macamnya, silahkan lihat pada gambar dibawah ini.
Pressure Safety valve

Proses kerja Pressure Safety valve

Pressure savety valve mempunyai tiga bagian utama yaitu inlet, outlet dan spring set. Fluida bertekanan berada pada inlet PSV. PSV posisi menutup selama tekanan fluida lebih kecil dibandingkan tekanan spring pada spring set. Sebaliknya jika tekanan fluida lebih tinggi dibandingkan tekanan spring set maka springset akan bergerak naik dan membuka katup yang akan membuang tekanan melalui outlet sampai tekanan fluida maksimal sama dengan tekanan spring set. untuk lebih jelasnya silahkan lihat vidio dibawah ini.



Bagian-bagian Pressure Safety Valve

Sebelum dikemukakan cara Maintenance mari kita pelajari bagian-bagian dari Pressure Safety Valve. Agar lebih jelas saya sediakan gambar seperti dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar